Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran MASTER (Mind, Acquire, Search Our, Trigger, Exhibit, Reflect) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII UPT SPF SMP negeri 49 makassar. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan menggunakan desain tunggal One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah rombongan belajar kelas VIII UPT SPF SMP negeri 49 makassar, sedangkan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling dan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII UPT SPF SMP negeri 49 makassar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Pada pretest kategori hasil belajar siswa yaitu 34 siswa atau 100% berada pada kategori sangat rendah, dengan rata-rata hasil belajar 36,47. 2) Pada posttest kategori hasil belajar yaitu 21 siswa atau 61,76% berada pada kategori Tinggi, dengan rata-rata hail belajar 81,32. 3) Uji T menunjukkan bahwa , nilai Thitung = 37,248 > Ttabel = 1,70 dapat di lihat juga dari perhitungan taraf signifikannya apabila H0 = Sig ? 0,05 (5%) diterima atau H1 = Sig < 0,05 (5%) diterima diketahui nilai signifikasi 0,0001. Karena nilai Sig 0,0001 < 0,05%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H1 diterima, maka ada pengaruh signifkan efektivitas model pembelajaran MASTER (Mind, Acquire, Search Our, Trigger, Exhibit, Reflect) terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 49 Makassar.
Copyrights © 2024