Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi guru Akidah Akhlak untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menggunakan media audiovisual di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi disebabkan masih ditemukan masalah hasil belajar siswa dalam di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik snowball sampling dengan menetapkan kepala sekolah sebagai key informan, sedangkan guru, dan siswa. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Keterpercayaan dengan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi data dan konsultasi pembimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menggunakan media audiovisual di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi belum optimal karena waktu pembelajaran, dan jaringan internet, penguasaan media yang terbatas. Faktor penghambat strategi guru Akidah Akhlak untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menggunakan media audiovisual di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Jambi keterbatasan media dan anggaran yang terbatas. Upaya guru Akidah Akhlak mengatasi faktor pengambat untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menggunakan media audiovisual di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Jambi dengan meningkatkan.
Copyrights © 2024