Jurnal Penalaran dan Riset Matematika
Vol. 1 No. 1 (2022): April 2022

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN PADA SISWA KELAS VIII

Nursakiah (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Rezki Ramdani (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2022

Abstract

Pada kenyataannya pemahaman siswa terhadap masalah matematika yang di berikan terutama pada kemampuan menganalisa soal cerita dan menentukan model matematika masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan semester ganjil siswa kelas VIII menunjukkan bahwa terdapat 11 siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM (<72). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel pada siswa laki-laki dan perempuan kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pemilihan subjek pada penelitian ini dengan mengambil 1 siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan tinggi berdasarkan tes kemampuan pemecahan masalah. instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian jawaban siswa laki-laki dijawab dengan benar, hanya saja subjek cenderung mengabaikan memeriksa kembali hasil jawaban. Pada jawaban subjek berjenis kelamin perempuan menyelesaikan masalah yang diberikan sesuai dengan strategi yang telah direncanakan mulai dari hal yang diketahui hingga hasil akhir ditemukan Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa perempuan lebih baik dari pada siswa laki-laki.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penalaran dan Riset Matematika adalah jurnal nasional, akses terbuka, multidisiplin, double-blind peer-review yang diterbitkan secara online dua kali dalam setahun (April, Oktober). Fokus dan ruang lingkup jurnal adalah Pendidikan Matematika Realistik, Penelitian Desain/Pengembangan ...