Jurnal Multidisiplin Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Multidisiplin Indonesia

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Tik Materi Desain Grafis Di Kelas XI IPS 2 / Smtr 1 Di SMA Negeri 4 Bandung Tahun Ajaran 2021 / 2022

Firmansyah, Firmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah terbatasnya media, siswa pasif dan sedikit yang aktif, siswa mudah bosan, guru-guru banyak menggunakan metode Konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PBI, mengingat belajar merupakan proses bagi siswa dalam membangun pemahaman atau gagasan sendiri, maka kegiatan pembelajaran hendaknya memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan hal itu secara lancar dan termotivasi. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki sesuatu secara sistematis, kritis, logis, analitis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Dalam Penelitian ini Peneliti Mencoba menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil test menunjukan adanya peningkatan hasil belajar. pada siklus I dengan jumlah siswa tuntas belajar sebanyak 11 orang atau sebesar 28.94% ini berarti masih perlu ditingkatkan lagi agar pencapaian ketuntasan belajar siswa bisa mencapai lebih atau di atas 85%, indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu ? 75 dari KKM atau nilai di atas 75%. Dari 38 siswa, terdapat 13 siswa yang masuk pada kategori baik sekali atau sebesar 34.21% , dan siswa yang mendapat nilai kategori baik terdapat 17 siswa atau sebesar 44.73% sedangkan siswa yang masuk pada kategori cukup baik tinggal 8 siswa atau sebesar 21.05%, dan siswa yang pada kategori kurang baik sudah tidak ada lagi sebagaimana pada siklus I. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dinyatakan berhasil dan dapat diterima , Terbukti dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 4 Bandung Tahun Ajaran 2021 / 2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

rp

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Veterinary

Description

Journal Multidisiplin Indonesia is an national /scientific journal, double-blind peer-reviewed, open acces journal published monthly by CV Riviera Publishing. Journal Multidisiplin Indonesia provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the ...