Journal of Religious Policy
Vol. 1 No. 1 (2022): Januari-Juni 2022

INTERNALISASI NILAI PANCASILA PADA SISWA MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Faeruz, Ratna (Unknown)
Suhirman, Suhirman (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan internalisasi nilai Pancasila melalui Pendidikan multicultural. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Systematic Literature Review (SLR) yaitu melelui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan langkah terakhir yaitu penarikan simpulan dan verifikasi, yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa proses internalisasi nilai-nilai pnacasila melalui Pendidikan multicultural dapat dilakukan dengan beberapa proses, yaitu: pertama, Membuat pedoman internalisasi nilai-nilai Pancasila melalui Pendidikan multicultural, sebagai turunan dari kebijakan-kebijakan yang sudah ada; kedua, mengopotimalkan aktor-aktor kunci dalam Menyusun dan mengimplementasikan kebijakan terkait dengan internalisasi nilai Pancasila melalui Pendidikan multicultural; Ketiga Mengembangkan dan mengimplementasikan penyelenggaraan Pendidikan multicultural di setiap Lembaga Pendidikan di Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

repo

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Journal of Religious Policy published by the Office of Religious Research and Development Jakarta, Research and Development Agency, Religious Education and Training, Ministry of Religion of the Republic of Indonesia. The Journal of Religious Policy or REPO publishes research articles that focus on ...