Jurnal Multidisiplin Indonesia
Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Multidisiplin Indonesia

Penerapan Metode Active Learning dengan Model Pengajaran Terarah untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Belajar Bahasa Inggris pada Materi Conditional Sentences

Supriatna, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) langkah-langkah penerapan pembelajaran Pembelajaran Active Learning Dengan Model Pengajaran Terarah dalam peningkatan pembelajaran Bahasa Inggris (2) apakah langkah-langkah pembelajaran Pembelajaran Active Learning Dengan Model Pengajaran Terarah dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, Setiap siklus, terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Peningkatan hasil belajar siswa dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Pada Kegiatan PraTindakan hasil nilai yang dicapai oleh siswa, masih banyak siswa yang memperoleh nilai sangat rendah dengan pencapaian nilai teringgi hanya mencapai nilai 72 dan nilai terendah 30 serta hasil rata – rata hanya mencapai 54 %, pada tindakan I proses pembelajaran meningkat disebabkan oleh karena guru dapat memahami kendala yang dihadapinya pada tampilan tindakan sebelumnya. Siswa lebih aktif dan kreatif dalam menyelesaikan tuga-tugas. Selain adanya peningkatan terbukti pada pencapaian nilai rata-rata pretest dan posttest. Tindakan II mengakhiri tindakan pembelajaran dengan pemberian tugas dan indikator keaktifan siswa telah diatas 65% dan skor hasil siswa minimal sudah mencapai hasil yang memuaskan perolehan hasil nilai tertinggi mencapai 90 dan nilai terendah hanya 75 dengan perolehan nilai rata – rata 85%. Hal ini sudah sesuai dengan standar ketuntasan maximal yang harus dicapai oleh siswa. Pada tindakan II proses pembelajaran meningkat disebabkan oleh karena guru dapat memahami kendala yang dihadapinya pada tampilan tindakan sebelumnya. Selain adanya peningkatan terbukti pada pencapaian nilai rata-rata pretest dan posttest

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

rp

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Veterinary

Description

Journal Multidisiplin Indonesia is an national /scientific journal, double-blind peer-reviewed, open acces journal published monthly by CV Riviera Publishing. Journal Multidisiplin Indonesia provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the ...