Jurnal Multidisiplin Indonesia
Vol. 2 No. 6 (2023): Jurnal Multidisiplin Indonesia

Implementasi Pendidikan Multikural Dalam Membentuk Karakter Siswa

Rudianto, Rudianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Pendidikan multikultural adalah pendekatan pendidikan yang menghargai dan mengakui keragaman budaya, latar belakang, dan identitas siswa. Implementasi pendidikan multikultural di sekolah menengah dapat berkontribusi pada pembentukan karakter siswa yang inklusif, toleran, dan menghargai perbedaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana pendekatan pendidikan multikultural diterapkan di lingkungan sekolah, memahami pengaruhnya terhadap pembentukan karakter siswa, dan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan hambatan dalam implementasi pendidikan multikultural di sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan multikultural dalam membentuk karakter siswa dapat melalui konsep tri pusat pendidikan Ki Hadjar Dewantara, pembelajaran agama, pendidikan kewarganegaraan, atau integrasi dengan mata pelajaran lainnya. Implementasi ini memiliki pengaruh positif terhadap karakter siswa diantaranya peningkatan pemahaman dan penghargaan terhadap perbedaan, pembentukan sikap toleransi dan saling menghormati, peningkatan kemampuan berkomunikasi lintas budaya, peningkatan kerjasama dan pemecahan masalah dalam tim dan peningkatan kesadaran terhadap isu-isu global.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

rp

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Veterinary

Description

Journal Multidisiplin Indonesia is an national /scientific journal, double-blind peer-reviewed, open acces journal published monthly by CV Riviera Publishing. Journal Multidisiplin Indonesia provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the ...