Pendidikan multikultural adalah pendekatan pendidikan yang menghargai dan mengakui keragaman budaya, latar belakang, dan identitas siswa. Implementasi pendidikan multikultural di sekolah menengah dapat berkontribusi pada pembentukan karakter siswa yang inklusif, toleran, dan menghargai perbedaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana pendekatan pendidikan multikultural diterapkan di lingkungan sekolah, memahami pengaruhnya terhadap pembentukan karakter siswa, dan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan hambatan dalam implementasi pendidikan multikultural di sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan multikultural dalam membentuk karakter siswa dapat melalui konsep tri pusat pendidikan Ki Hadjar Dewantara, pembelajaran agama, pendidikan kewarganegaraan, atau integrasi dengan mata pelajaran lainnya. Implementasi ini memiliki pengaruh positif terhadap karakter siswa diantaranya peningkatan pemahaman dan penghargaan terhadap perbedaan, pembentukan sikap toleransi dan saling menghormati, peningkatan kemampuan berkomunikasi lintas budaya, peningkatan kerjasama dan pemecahan masalah dalam tim dan peningkatan kesadaran terhadap isu-isu global.
Copyrights © 2023