Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan berbahasa anak usia dini melalui metode bercerita di TK Hidayatut Tholibin Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon. Metode bercerita diimplementasikan sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pengembangan keterampilan berbahasa anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus sebagai desain penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait. Subjek penelitian ini adalah anak-anak usia dini di TK Hidayatut Tholibin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita memiliki dampak positif terhadap perkembangan berbahasa anak usia dini. Anak-anak menunjukkan peningkatan dalam hal kosa kata, struktur kalimat, dan pemahaman makna melalui partisipasi aktif dalam sesi bercerita. Interaksi antara guru dan anak-anak selama sesi bercerita juga berperan penting dalam membangun keterampilan berbicara dan mendengarkan anak. Selain itu, metode ini juga mendorong kreativitas dan imajinasi anak-anak. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam implementasi metode bercerita, seperti tingkat perhatian anak yang bervariasi, kemampuan bahasa awal yang berbeda, dan perbedaan preferensi cerita. Oleh karena itu, disarankan agar guru mengadopsi pendekatan yang beragam dan responsif terhadap kebutuhan individual anak-anak dalam sesi bercerita.
Copyrights © 2023