Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 9 No. 4 (2023): October-December

Media Pop-Up Book Bermuatan Permainan Tradisional Sasak Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Wafiqoh Nurul Azizah (Universiatas Mataram)
Prayogi Dwina Angga (Universiatas Mataram)
Moh. Irawan Zain (Universiatas Mataram)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2023

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa pop-up book bermuatan permainan tradisional Sasak bagi siswa kelas III SDN 1 Lembah Sari. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Sugiyono yang meliputi 10 tahapan penelitian yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data/informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 1 Lembah Sari. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media berupa pop-up book bermuatan permainan tradisional Sasak yang dilengkapi dengan barcode video permainan tradisional Sasak. Hasil uji validasi ahli materi diperoleh 83,6% dengan kategori sangat layak, ahli media diperoleh persentase sebesar 94,2% dengan kategori sangat layak, respon guru diperoleh persentase 100% dengan kategori sangat layak, uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 93,6% dengan kategori sangat praktis, uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 92,5% dengan kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pop-up book bermuatan permainan tradisional Sasak terbukti sangat layak dan praktis digunakan untuk memberikan wawasan kepada peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...