Algebra
Vol 2 No 3 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS

DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PROSES BELAJAR SISWA

Zanita, Santri Yani (Unknown)
Suci, Rahma Wulan (Unknown)
Handayani, Seri (Unknown)
Ardila, Irna (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Proses Belajar Siswa Kelas VIII-A Di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Apalagi menggunakan media sosial dalam proses pembelajaran siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes esai serta wawancara dengan masing-masing responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang merupakan desain penelitian natural dimana peneliti tidak berusaha untuk memanipulasi konteks penelitian tetapi mulai mempelajari suatu fenomena. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pelajar yang terkena dampak keberadaan jejaring sosial diharapkan dapat menggunakannya dengan bijak. Media sosial ini akan berdampak positif jika dimanfaatkan dengan baik. Media sosial dapat digunakan untuk memimpin diskusi tentang topik-topik aktif seperti sains, pemahaman sosial, agama, dan perkembangan teknologi terkini. Dari situ, siswa diharapkan punya pikiran yang lebih kritis ketika dihadapkan pada suatu masalah. Disamping memperluas pengetahuan, menggunakan media sosial, siswa juga bisa mengasah kreativitasnya melalui kemajuan teknologi saat ini. Seperti mmebuat sebuah usaha dengan memanfaatkan jejaring sosial. Kata Kunci : Media Sosial; Teknologi; Belajar; ABSTRACT This study was conducted to determine the impact of the use of social media on the learning process of class VIII-A students at Al-Ulum Terpadu Islamic Junior High School Medan. Moreover, using social media in the student learning process. Data collection was carried out using a questionnaire and essay test as well as interviews with each respondent. This study uses a qualitative research method which is a natural research design where the researcher does not try to manipulate the research context but begins to study a phenomenon. From the results of the study, it was found that students who were affected by the existence of social networks were expected to use them wisely. This social media will have a positive impact if used properly. Social media can be used to lead discussions on active topics such as science, social understanding, religion, and recent technological developments. From there, students are expected to have a more critical mind when faced with a problem. Besides expanding knowledge, using social media, students can also hone their creativity through current technological advances. Like making a business by utilizing social networks Keywords: Social Media; Technology; Study;

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

algebra

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan ...