Jurnal ABDIMAS MUTIARA
Vol. 1 No. 2 (2020): JURNAL ABDIMAS MUTIARA

OPTIMASI KOMUNIKASI DIGITAL BAGI FREELANCER & UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Khazim, Dyama (Unknown)
Lase, Dewantoro (Unknown)
., Sudirman (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2020

Abstract

Di krisis pandemic Covid-19 seperti sekarang ini, komunikasi mengalami transformasi yang signifikan, termasuk komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk meraih perhatian dari konsumen. Kondisi pembatasan sosial berskala besar yang diberlakukan oleh pemerintah juga menuntut para pelaku usaha untuk beradaptasi dalam menjangkau konsumen. Dengan meminimalisir tatap muka, pelaku usaha terus dituntut untuk bertahan di tengah pandemi. Dengan adanya pembatasan sosial tersebut, berbagai platform komunikasi pemasaran dalam bentuk online menjadi salah satu solusi bagi pelaku usaha, termasuk usaha berskala kecil menengah maupun perorangan. Namun demikian, terbatasnya usaha yang dilakukan, baik dari sumber daya modal dan sumber daya manusia menyebabkan pelaku usaha kecil tersebut relatif kurang mampu bersaing dalam menghadapi proses transisi di tengah pandemi seperti sekarang ini. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan gambaran serta mendampingi pelaku usaha berskala kecil dan menengah, serta perorangan untuk dapat mempertahankan usahanya di tengah pandemi, salah satunya dengan mengedukasi komunikasi pemasaran berbasis digital yang dapat menjangkau konsumen.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JAM

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Medicine & Pharmacology Nursing Other

Description

Jurnal ABDIMAS MUTIARA diterbitkan oleh Program Studi : Sistem Informasi Fakutas Sains dan Teknologi Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia di Medan sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang asfek - asfek multidisiplin ilmu bidang Teknologi, Kesehatan dan Sosial berupa hasil pengabdian ...