Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 1 No. 1 (2022): Januari 2022

Komparasi antara Penguasaan Soal Cerita Matematika dan Membaca Instruksi Siswa Kelas IV SD

Hariyati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:1) kategori membaca pemahaman; 2) sama-tidaknya kategori membaca instruksi per kelompok sampel; 3) kategori penguasaan soal cerita dalam matematika; 4) sama-tidaknya kategori penguasaan soal cerita dalam matematika per kelompok sampel; 5) kompaasi antara membaca instruksi dan penguasaan soal cerita dalam matematika. Penelitian dilaksanakan di semester genap tahun ajaran 2020/2021. Sampel berjumlah 41 siswa dari 45 siswa yang dipilih secara random. Instrumen penelitian: 1) tes objektif membaca instruksi; 2) tes objektif penguasaan soal cerita dalam matematika. Semua instrumen memenuhi syarat validitas isi. Data dikumpulkan dalam pembelajaran konvensional di bulan April 2021. Analisis data menggunakan statistik inferensial yakni uji t satu sampel, uji t sampel independen, dan uji ANOVA dua arah. Semua analisis statistik inferensial paramtetrik ini dipakai karena data memenuhi syarat uji asumsi. Hasil penelitian memperlihatkan: penguasaan soal cerita berkategori rendah, tidak terdapat perbedaan penguasaan soal cerita dalam matematika per kelompok sampel, membaca instruksi berkategori rendah, tidak terdapat perbedaan membaca instruksi menurut kelompok sampel, dan tidak terdapat perbedaan penguasaan soal cerita dalam matematika dan membaca instruksi per kelompok sampel.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...