Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 1 No. 1 (2022): Januari 2022

Pengetahuan tentang Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Baru: :Hasil Prates Menggunakan Google Form

Zulfadhli, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan tentang karya tulis ilmiah bagi mahasiswa baru. Deskripsi ini juga dibedakan atas nama jurusan. Penelitian deskriptif ini dilaksanakan di awal semester ganjil tahun akademis 2020/2021. Populasi penelitian adalah 145 mahasiswa Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Sampel dipilih secara random sederhana sebanyak 107 orang. Instrumen penelitian berbentuk tes pilihan ganda dengan 5 opsi yang memenuhi syarat validitas isi. Data dikumpulkan melalui tes secara virtual melalui fasilitas google form. Analisis data menggunakan statististik inferensial parametriks yakni uji t satu sampel dan uji Anova searah melalui penghitungan SPSS. Prosedur statistik inferensial parametriks dipakai karena data berasal dari anggota populasi yang berdistribusi normal dan sampel ditarik secara random dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengetahuan tentang karya tulis ilmiah bagi mahasiswa baru berkategori rendah; dibuktikan oleh nilai uji t satu sampel sebesar -1,20 yang sig. 0,265 > p = 0,05; 2) tidak terdapat perbedaan kategori pengetahuan tentang karya tulis ilmiah bagi mahasiswa baru berdasarkan kelompok sampel pada nilai F = 0,314 yang sig. 0,903 > p = 0,05. Hasil ini sangat berguna untuk kaji-ulang atas bahan ajar yang sudah dipersiapkan tentang materi aspek pengetahuan karya tulis ilmiah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...