Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan teknik menggiring bola dalam permainan sepak bola melaluio pembelajaran integratif Bahasa Indonesia. Maksudnya, pembelajaran PJOK diintegrasikan ke dalam pelajaran bahasa Indonesia aspek membaca pemahaman. Penelitian berlangsung di SD Negeri 016 Sialang Panjang, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kakupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Kegiatan penelitian berlangsung di awal semester tahun pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah 13 siswa yang belum tuntas pada KKM 75,00 dalam pembelajaran sebelum penelitian tindakan kelas ini dari 24 siswa kelas VI SD Negeri 016 Sialang Panjang, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Instrumen penelitian mencakup tes pilihan ganda pengetahuan teknik menggiring bola dalam permainan sepak bola. Instrumen lain adalah pedoman observasi untuk guru dan untuk para siswa. Semua instrumen memenuhi syarat validitas. Pembelajaran yang diintegrasi ke dalam teks rumpang bermakna semua pengetahuan menggiring bola dalam permainan sepa bola dituangkan dalam LKPD dalam bentuk teks rumpang berjumlah 24 item dengan siswa menjodohkan. Data pengetahuan teknik menggiring bola dalam permainan sepak bola dianalaisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni rata-rata persen. Data kegiatan belajar menggajar yang diintegrasikan dalam teks rumpang Bahasa Indonesia dianalisis secara tematik. Di siklus I sebanyak 11 siswa (57,89) dari 19 siswa yang belum tuntas di masa orientasi. Di siklus II semua siswa yang belum tuntas di siklus I berhasil tuntas di siklus II.
Copyrights © 2022