Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 1 No. 2 (2022): Maret 2022

Keterampilan Membaca Pemahaman Level Menengah Paragraf Deskriptif Siswa Kelas VII SMP Karuna Dipa Palu

Darminton Mondolalo (SMP Karuna Dipa Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia)
La Muda (Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia,Universitas Sembilanbelas November, Sulawesi Tengah, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2022

Abstract

dilaksanakan di pertemuan awal di kelas VII SMP Karuna Dipa Palu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Populasi berjumlah 34 siswa. Jumlah populasi ini terbagi 2 dengan angka yang sama yakni 17. Sampel penelitian sebanyak 32 yang ditarik secara random sederhana. Jumlah sampel ini terbagi dari kelompok sampel kelas VII.1 sebanyak 16 siswa dan untuk kelas VII.2 juga berjumlah yang sama. Untuk mengumpulkan data keterampilan membaca pemahaman level menengah paragraf deskriptif digunakan tes tertulis berbentuk pilihan ganda dengan 4 opsi. Tes ini memenuhi syarat validitas isi. Data berdistrubsi normalitas dan memenuhi syarat homogenitas variansi. Data keterampilan membaca pemahaman level menengah paragraf deskriptif dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial. Jenis prosedur yang dimaksud adalah uji t satu sampel untuk masalah berjenis deskriptif-komparatif dan uji t sampel independen untuk masalah komparatif. Semua jenis penghitungan menggunakan fasilitas SPSS. Temuan pertama memperlihatkan bahwa harga t satu sampel sebesar 0,147. Harga ini berada pada nilai sig. sebesar 0,884 sehingga hipotesis penelitian yang menyebutkan keterampilan membaca pemahaman level menengah paragraf deskriptif berkategori rendah diterima. Temuan kedua memperlihatkan bahwa harga t sampel independen sebesar 1,338. Harga ini berada pada nilai sig. sebesar 0,191 sehingga hipotesis penelitian yang menyebutkan tidak terdapat perdedaan keterampilan membaca pemahaman level menengah paragraf deskriptif berdasarkan kelompok sampel diterima juga.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...