dilaksanakan di pertemuan awal di kelas VII SMP Karuna Dipa Palu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Populasi berjumlah 34 siswa. Jumlah populasi ini terbagi 2 dengan angka yang sama yakni 17. Sampel penelitian sebanyak 32 yang ditarik secara random sederhana. Jumlah sampel ini terbagi dari kelompok sampel kelas VII.1 sebanyak 16 siswa dan untuk kelas VII.2 juga berjumlah yang sama. Untuk mengumpulkan data keterampilan membaca pemahaman level menengah paragraf deskriptif digunakan tes tertulis berbentuk pilihan ganda dengan 4 opsi. Tes ini memenuhi syarat validitas isi. Data berdistrubsi normalitas dan memenuhi syarat homogenitas variansi. Data keterampilan membaca pemahaman level menengah paragraf deskriptif dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial. Jenis prosedur yang dimaksud adalah uji t satu sampel untuk masalah berjenis deskriptif-komparatif dan uji t sampel independen untuk masalah komparatif. Semua jenis penghitungan menggunakan fasilitas SPSS. Temuan pertama memperlihatkan bahwa harga t satu sampel sebesar 0,147. Harga ini berada pada nilai sig. sebesar 0,884 sehingga hipotesis penelitian yang menyebutkan keterampilan membaca pemahaman level menengah paragraf deskriptif berkategori rendah diterima. Temuan kedua memperlihatkan bahwa harga t sampel independen sebesar 1,338. Harga ini berada pada nilai sig. sebesar 0,191 sehingga hipotesis penelitian yang menyebutkan tidak terdapat perdedaan keterampilan membaca pemahaman level menengah paragraf deskriptif berdasarkan kelompok sampel diterima juga.
Copyrights © 2022