Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan keterampilan menggali isi teks eksplanasi bagi siswa kelas 6 SD. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 009 Pusaran, Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Penelitian ini dilakukan di awal semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 setelah pembelajaran reguler KD 3.2 selesai dilaksanakan. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah para siswa kelas 6 SD Negeri 009 Pusaran, Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Mereka adalah siswa yang belum tuntas dalam pembelajaran reguler yang berjumlah 13 dari 18 siswa. Instrumen penelitian adalah tes keterampilan menggali isi teks eksplanasi yang berbentuk tes pilihan ganda, LKPD yang sekaligus berfungsi sebagai media pembelajaran, dan RPP. Prosedur yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah perencanaan, pelaksanaan bersamaan dengan prosedur observasi, dan refleksi. Data keterampilan menggali isi teks eksplanasi dianalisis menggunakan statistik deskriptif melalui prinsip mean dan persen. Hasil pembelajaran di siklus pertama memperlihatkan 5 siswa tuntas pada KKM 70,00 dari 13 siswa yang belum tuntas di masa pembelajaran reguler. Hasil pembelajaran di siklus kedua 6 siswa dari 8 siswa yang belum tuntas di siklus pertama. Oleh karena itu, masih 2 siswa yang belum tuntas sampai dengan pembelajaran di siklus kedua. Mereka diyakini akan mencapai KKM di dalam pembelajaran yang diintegrasikan dengan mata pelajaran lain.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022