Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 1 No. 4 (2022): Juli 2022

Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Berbasis Teks Pantun melalui Metode Latihan Kelompok Kecil

Rosnawati Rosnawati (SD Negeri 014 Tembilahan,Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini memadukan 2 kelopok KD yakni KD-3.7 tentang menulis tulisan tegak bersambung dan KD-3.5 tentang puisi anak yang dibatasi pada aspek pantun. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung berbasis teknik pantun anak menggunakan teknik latihan kelompok kecil. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah para siswa kelas 2A SD Negeri 014 Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau yang berjumlah 13 siswa yang belum tuntas dalam pembelajaran reguler dari seluruh siswa kelas 2A yang berjumlah 24 siswa. Penelitian dilakukan pada akhir semester genap tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian tindakan kelas mencakup: 1) LKPD yang memuat contoh tulisan tegak bersambung bait pantun bait pantun yang diketik standar menggunakan time new roman 12 spasi ganda setiap baik pada bait pantun disediakan baris kosong tempat siswa berlatih menyalin larik pantun menggunakan tulisan tegak bersambung; instrumen ini sekaligus berfungsi sebagai tes unjuk kerja keterampilan menulis tegak bersambung; 2) RPP yang hanya berisi kegiatan belajar-mengajar menggunakan metode latihan kelompok kecil; 3) alat rekam audio-video dari handphone untuk prosedur observasi yang diigunakan bersamaan dengan prosedur pelaksanaan tindakan. Setiap instrumen memenuhi syarat validitas isi. Data kegiatan-belajar mengajar diolah secara tematik. Data ketuntasan diolah secara statistik deskriptif melalui mean pada KKM 75,00. Hasil pembelajaran di siklus 1 menuntaskan 11 dari 13 siswa sedangkan hasil pembelajaran di siklus 2 menuntaskan seluruh siswa yang belum tuntas di siklus 1.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...