Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk menghasilkan 3 deskripsi solusi. Deskripsi itu: 1) proses penyusunan tes pilihan ganda keterampilan membaca teks eksplanasi melalui supervisi klinik kepala sekolah berbasis teknik latihan terstruktur; 2) profil tes pilihan ganda keterampilan membaca teks eksplanasi; 3) pernyataan guru peserta kegiatan tentang kepuasan dalam kegiatan supervisi klinik kepala sekolah. Kegiatan supervisi klinik dilakukan di SMA Negeri 2 Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat pada awal semester ganjil 2022/2023. Subjek penelitian adalah 4 guru Bahasa Indonesia se-SMA Negeri 2 Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat. Instrumen penelitian: 1) lembar kegiatan guru (LKG); 2) kuesioner pernyataan guru tentang kepuasan dalam kegiatan supervisi klinik kepala sekolah berbasis teknik latihan terstruktur. Semua instrumen memenuhi syarat validitas isi. Kegiatan berlangsung selama 2 x 8 jam pelajaran dalam rentang 7 hari. Analisis data dilakukan secara tematik. Hasil penelitian tindakan sekolah memperlihatkan: 1) adanya 11 proses penyusunan tes pilihan ganda keterampilan membaca teks eksplanasi melalui supervisi klinik kepala sekolah berbasis teknik latihan terstruktur; 2) redaksi perangkat tes pilihan ganda keterampilan membaca teks eksplanasi; 3) semua guru Bahasa Indonesia merespon sangat puas terhadap pelaksanaan kegiatan supervisi klinik kepala sekolah berbasis teknik latihan terstruktur.
Copyrights © 2022