Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 1 No. 5 (2022): September 2022

Peningkatan Lama Baca Menggunakan Metode F247P Bermedia Format-1: : Studi Kasus terhadap Siswa SMA

Triana Hesti Sari (SMA Negeri 5 Kota Jambi, Jambi, Indonesia)
Asriani (Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Serambi Mekkah, Aceh, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan lama baca siswa selama periode 4 pekan menggunakan F247P bermedia format-1. Responden penelitian studi kasus ini hanya 4 siswa kelas XII SMA Negeri 5 Kota Jambi yang bersedia menjalankan program peningkatan lama baca melalui program bimbingan individual. Para siswa memiliki kategori dasar lama baca yang berbeda per hari. Siswa-1 berkategori sangat rendah (<90 menit). Siswa-2 berkategori rendah (90-120 menit ). Siswa-3 berkategori tinggi (120-150 menit). Siswa-4 berkategori sangat tinggi (>150 menit). Instrumen penelitian adalah lembar format-1 berukuran A4. Data lama baca dianalisis secara statistik deskriptif per individu siswa per periode program. Hasil penelitian menunjukkan lama baca siswa meningkat secara signifikan. Mean peningkatan lama baca siswa-1 per periode selama 129 menit. Mean peningkatan lama baca siswa-1 per periode selama 103 menit. Mean peningkatan lama baca siswa-3 per periode selama 150 menit. Mean peningkatan lama baca siswa-4 per periode selama 129 menit.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...