Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mean keterampilan membaca teks eksplanasi di artikel ilmiah berbasis jurnal online, mendeskripsikan sama-tidaknya mean keterampilan membaca teks eksplanasi di artikel ilmiah berbasis jurnal online per kelas, dan mendeskripsikan mean keterampilan membaca teks eksplanasi di artikel ilmiah berbasis jurnal online per masa submit jawaban di google form. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Haurwangi, Kabupaten Garut. Penelitian berlangsung di pertengahan semester ganjil 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah 44 siswa SMK Negeri 2 Haurwangi yang submit jawaban di google form. Jumlah ini terbagi dari 11 siswa kelas XI dan 33 siswa kelas XII. Sampel ditetapkan sebanyak 40 yang dipilih secara random sederhana dengan teknik tanpa pengembalian. Anggota sampel kelas XI sebanyak 10 siswa dan 30 siswa untuk anggota sampel kelas XII. Instrumen penelitian ini adalah tes keterampilan membaca artikel ilmiah. Tes menggunakan aplikasi google form namun teks bacaan menggunakan tautan artikel ilmiah di jurnal online yakni tes pilihan ganda 4 opsi. Data dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial yakni uji t satu sampel untuk menjawab masalah-1, uji ANOVA searah untuk menjawab masalah-2, dan uji t sampel independen untuk menjawab masalah-3. Temuan penelitian mean keterampilan membaca teks eksplanasi di artikel ilmiah berbasis jurnal online sama dengan mean dugaan yakni berkategori rendah, mean keterampilan membaca teks eksplanasi di artikel ilmiah berbasis jurnal online tidak sama menurut masa sama submit jawaban, dan mean keterampilan membaca teks eksplanasi di artikel ilmiah berbasis jurnal online tidak berbeda per kelas.
Copyrights © 2022