Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 2 No. 3 (2023): Mei 2023

Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI MAN 1 Pesisir Selatan

Indra, Fitri (Unknown)
Nisja, Indriani (Unknown)
Sari, Asri Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan” 1) keterampilan menulis teks prosedur tanpa menggunakan model pembelajaran discovery learning siswa kelas XI MAN 1 Pesisir Selatan; 2) keterampilan menulis teks prosedur menggunakan model pembelajaran discovery learning siswa kelas XI MAN 1 Pesisir Selatan; 3) pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI MAN 1 Pesisir Selatan. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Pesisir Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI.1 dan XI.2 MAN 1 Pesisir Selatan; masingmasing berjumlah 28 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks prosedur tanpa dan dengan menggunakan model discovery learning yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni mean dan persen melalui tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian: 1) keterampilan menulis teks prosedur tanpa menggunakan discovery learning siswa kelas MAN 1 Pesisir Selatan memperoleh nilai rata-rata 69,44 yaitu berada pada tingkat penguasaan 66-75% pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC); 2) keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan discovery learning siswa kelas MAN 1 Pesisir Selatan memperoleh nilai rata-rata 77,49 yaitu berada pada tingkat penguasaan 76-85% pada kualifikasi Baik (B); 3) terdapat pengaruh menggunakan discovery learning terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI MAN 1 Pesisir Selatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...