Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan membaca teks eksplanasi melalui teknik tes pilihan ganda menggunakan media artikel ilmiah jurnal online; (2) mendeskripsikan mean keterampilan membaca teks eksplanasi. Penelitian quasi-eksperimen ini menggunakan rancangan prates-postes satu kelompok (pratest-postttest one group design). Subjek penelitian kelas XI IS-2 SMA Negeri 1 Rokan IV Koto. Mereka berjumlah 20 dari 24 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik tes pilihan ganda 4 opsi untuk mencapai kompetensi keterampilan membaca teks eksplanasi. Data proses belajar dikumpulkan menggunakan alat perekam audio-video. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan instrumen berbentuk tes jawaban singkat berbasis artikel ilmiah jurnal online berbantuan google form. Data proses pembelajaran dianalisis secara tematik sedangkan data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial yakni uji t satu sampel dan uji t sampel berpasangan via aplikasi SPSS. Hasil penelitian:1) proses pembelajaran dalam kegiatan inti: siswa difasilitasi guru untuk membuka google form yang berisi tes pilihan ganda sebagai teknik pembelajaran di HP setiap siswa sampai ke proses siswa berhasil membuka artikel ilmiah jurnal online tempat teks eksplanasi berada yang berakhir kepada siswa mensubmit di google form; 2) keterampilan membaca teks eksplanasi hasil prates berkategori rendah namun hasil postes berkategori sedang; 3) ditemukan perbedaan signifikan antara hasil prates dan hasil postes keterampilan membaca teks eksplanasi.
Copyrights © 2023