Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan melafalkan kata dasar suku tertutup melalui pembelajaran yang menerapkan teknik tugas menyalin menggunakan media LKPD; 2) sama-tidaknya keterampilan melafalkan kata dasar suku tertutup melalui pembelajaran yang menerapkan teknik tugas menyalin menggunakan media LKPD per kelompok sampel. Penelitian dilaksanakan di SDIT Fajar Ilahi 3 Sungaibeduk di pertengahan semester ganjil 2023/2024. Populasi penelitian ini berjumlah 111 yang terbagi dari 4 rombongan belajar kelas 1. Sampel ditetapkan sebanyak 87 siswa yang didasarkan pada formula Slavin. Jumlah ini terbagi dari 21 siswa kelas Abu Bakar, 21 siswa kelas Saad, 23 siswa kelas Hafshoh, dan 22 siswa Zainab. Setiap anggota sampel ditarik secara random sederhana dari setiap kelompok populasi dengan sistem tanpa pengembalian. Untuk mengumpulkan data keterampilan mengenal huruf dan angka digunakan tes unjuk kerja. Tes berisi semua vokal, 10 konsonan, dan 10 angka (Latin). Tes unjuk kerja ini disusun secara objektif guna memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Data untuk rumusan masalah-1 dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik yakni uji t satu sampel dan uji Anova searah untuk menganalisis data guna menemukan solusi atas rumusan masalah-2. Hasil penelitian: 1) keterampilan membaca huruf dan angka siswa kelas 1 SDIT Fajar Ilahi 3 Sei. Beduk dapat mencapai KKM 75,00; 2) tidak terdapat perbedaan keterampilan membaca huruf dan angka siswa kelas 1 SDIT Fajar Ilahi 3 Sei. Beduk per kelompok sampel.
Copyrights © 2023