Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan menulis struktur deskripsi umum teks deskripsi skema 2-3 dalam pembelajaran sebelum menggunakan pendekatan individual dan teknik tugas menyalin dalam media terbatas; 2) keterampilan menulis struktur deskripsi umum teks deskripsi skema 2-3 dalam pembelajaran setelah menggunakan pendekatan individual dan teknik tugas menyalin dalam media terbatas. Penelitian dilaksanakan di SMP Karuna Dipa Palu yang berlangsung di awal semester ganjil 2023/2024. Data keterampilan menulis struktur deskripsi umum teks deskripsi skema 2-3 dikumpulkan menggunakan tes unjuk kerja. Instrumen lain penelitian ini adalah LKPD berisi pengantar teori dan praktik tentang struktur deskripsi umum teks deskripsi skema 2-3. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 7 SMP Karuna Dipa Palu yang mengikuti pembelajaran keterampilan menulis struktur deskripsi umum teks deskripsi skema 2-3 baik yang menggunakan pendekatan dan teknik konvensional maupun yang menggunakan pendekatan individual dan teknik tugas menyalin dalam media terbatas. Mereka berjumlah 00 siswa. Sampel sebanyak 00 siswa yang dipilih secara random sederhana. Untuk menjawab rumusan masalah digunakan prosedur statistik uji t satu sampel. Hasil penelitian:1) keterampilan menulis struktur deskripsi umum teks deskripsi skema 2-3 dalam pembelajaran sebelum menggunakan pendekatan individual dan teknik tugas menyalin dalam media terbatas mencapai KKM 60,00; 2) keterampilan menulis struktur deskripsi umum teks deskripsi skema 2-3 dalam pembelajaran setelah menggunakan pendekatan individual dan teknik tugas menyalin dalam media terbatas mencapai KKM 78,00.
Copyrights © 2023