Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 2 No. 5 (2023): September 2023

Nilai Humor Teks Anekdot ‘Anak Anjing’ menurut Penilaian Siswa Kelas X

Triana Hesti Sari (SMA Negeri 5 Kota Jambi, Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) nilai humor teks anekdot ‘Anak Anjing’ menurut penilaian siswa kelas X; 2) sama-tidaknya tokoh utama teks anekdot ‘Anak Anjing’ menurut penilaian siswa kelas X per kelompok sampel. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian berlangsung di pertengahan semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Populasi penelitian berjumlah 72 siswa; terbagi dari siswa kelas X.7 dan siswa kelas X.8 dengan jumlah yang sama banyak yakni 36 siswa. Dua kelas paralel ini dipilih karena sangat mudah berinteraksi dalam rangka penyebaran kuesioner penelitian. Sampel ditetapkan sebanyak 62 siswa; masingmasing 31 siswa dari setiap kelompok populasi. Setiap anggota sampel ditarik secara random dari setiap anggota populasi dengan teknik tanpa pengembalian. Instrumen penelitian ini berbentuk kuensioner melalui fasilitas google form. Melalui kuesioner tertutup ini para anggota sampel diminta memberi nilai skala 1-10 terhadap teks anekdot ‘Anak Anjing’. Data yang bersumber dari kuesioner tertutup ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif melalui distribusi frekuensi persen dalam perspektif modus. Hasil penelitian menunjukkan: 1) modus nilai humor teks anekdot ‘Anak Anjing’ menurut penilaian siswa kelas X SMA Negeri 5 Kota Jambi adalah 9 pada skala nilai 1-10; 2) adanya perbedaan nilai humor teks anekdot ‘Anak Anjing’ menurut penilaian siswa kelas X SMA Negeri 5 Kota Jambi per kelompok sampel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...