Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) nilai humor teks anekdot ‘Anak Anjing’ menurut penilaian siswa kelas X; 2) sama-tidaknya tokoh utama teks anekdot ‘Anak Anjing’ menurut penilaian siswa kelas X per kelompok sampel. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian berlangsung di pertengahan semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Populasi penelitian berjumlah 72 siswa; terbagi dari siswa kelas X.7 dan siswa kelas X.8 dengan jumlah yang sama banyak yakni 36 siswa. Dua kelas paralel ini dipilih karena sangat mudah berinteraksi dalam rangka penyebaran kuesioner penelitian. Sampel ditetapkan sebanyak 62 siswa; masingmasing 31 siswa dari setiap kelompok populasi. Setiap anggota sampel ditarik secara random dari setiap anggota populasi dengan teknik tanpa pengembalian. Instrumen penelitian ini berbentuk kuensioner melalui fasilitas google form. Melalui kuesioner tertutup ini para anggota sampel diminta memberi nilai skala 1-10 terhadap teks anekdot ‘Anak Anjing’. Data yang bersumber dari kuesioner tertutup ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif melalui distribusi frekuensi persen dalam perspektif modus. Hasil penelitian menunjukkan: 1) modus nilai humor teks anekdot ‘Anak Anjing’ menurut penilaian siswa kelas X SMA Negeri 5 Kota Jambi adalah 9 pada skala nilai 1-10; 2) adanya perbedaan nilai humor teks anekdot ‘Anak Anjing’ menurut penilaian siswa kelas X SMA Negeri 5 Kota Jambi per kelompok sampel.
Copyrights © 2023