Al-Ihtiram: Multidisciplinary Journal of Counseling and Social Research
Vol 2, No 2 (2023): November

MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING REALITA [OVERCOMING STUDENTS' LEARNING DIFFICULTIES USING REALITY COUNSELING]

Assyifa S, Shilviana (Unknown)
Sriharini, Sriharini (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2023

Abstract

Kesulitan belajar adalah keadaan pelajar yang mengalami rintangan atau gangguan dalam proses pengajaran, sebab dapat berasal dari faktor internal atau eksternal pelajar, dan terdapat berbagai jenis kesulitan belajar. Konseling realita memandang bahwa manusia memiliki kemampuan dan keinginan untuk belajar dan berkembang. Terapi realita menekankan pentingnya kesadaran akan perilaku saat ini. Konseling realita memusatkan perhatian siswa atau klien terhadap perilaku yang bertanggung jawab, dengan berdasarkan 3-R: realita (reality), tanggung jawab (responsibility), dan benar-salah (righ and wrong). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menangani kesulitan belajar siswa dengan menggunakan konseling realita. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research). pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan meninjau dan/atau menelusuri beberapa jurnal, buku, dan dokumen yang relevan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah konseling realita dapat mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alihtiram

Publisher

Subject

Religion Humanities Astronomy Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Al-Ihtiram: Multidisciplinary Journal of Counseling and Social Research is a double-blind peer-reviewed multidisciplinary journal published by Perkumpulan Ahli Bimbingan Konseling Islam Indonesia. The journal disseminates the conceptual thoughts, ideas, and research results that have been achieved ...