Physics Learning and Education
Vol. 1 No. 4 (2023): December Edition

The Analysis of Scientific Literacy Availability in Physics Worksheets for Grade XI in Senior High Schools in Padang City

Muhammad Virell Bramasta (Universitas Negeri Padang)
Hidayati Hidayati (Department of Physics, Universitas Negeri Padang, Jl. Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang 25131, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan literasi sains dalam pendidikan Indonesia, khususnya berfokus pada buku teks Fisika yang digunakan pada kelas XI Semester 1 di Kota Padang. Meskipun literasi sains diakui penting dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas, hasil penilaian PISA tahun 2015 dan 2018 menunjukkan adanya penurunan kemampuan literasi sains di kalangan pelajar Indonesia. Wawancara mengungkapkan adanya kesenjangan antara literasi sains di buku teks dan Kurikulum Revisi 2013, serta rendahnya nilai ujian nasional masuk perguruan tinggi (UTBK) di Padang, yang disebabkan oleh rendahnya literasi sains dalam materi pembelajaran. Analisis terhadap buku ajar di empat SMA di Padang menunjukkan variasi ketersediaan komponen literasi sains, dengan komponen konteks mempunyai persentase paling rendah. Dalam konteks ini, peningkatan kualitas buku teks Fisika perlu fokus pada aspek konteks, memastikan terlaksananya literasi sains dalam situasi dunia nyata, untuk meningkatkan pemahaman siswa dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan global yang semakin kompleks .

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ple

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Physics Learning and Education (PLE): International Journal on Physics Education is an open-access and peer-reviewed journal, published by Universitas Negeri Padang, which is dedicated to intercharge for the results of high-quality in all aspect of physics education. The editors welcome submissions ...