JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)
Vol. 2 No. 2 (2015): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING

Handayani, Titisari (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2016

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Discovery pada siswa Kelas VIII F SMP N 2 Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIF SMP Negeri 2 Ngemplak yang berjumlah 31 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian sebagai berikut bahwa model pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIIIF SMP N 2 Ngemplak Sleman. Hal ini dibuktikan dari analisis hasil belajar siswa yang dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan. Pada prasiklus hasil rata-rata persentase ketuntasan belajar sebesar 35%. Siklus I persentase ketuntasan belajar pada pre-tes 26% menjadi 68% pada post-tes dengan kategori kurang, jadi mengalami peningkatan 42%. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar dari 32% pada pretes menjadi 90% pada postes dengan kategori baik sekali, jadi mengalami peningkatan sebesar 58%. Hasil tersebut sudah sesuai dengan kriteria ketuntasan yang diharapkan bahkan melebihi target sebesar 75%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jipsindo

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JIPSINDO, an academic journal that centered in social studies i.e social education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), moral education, and multicultural education. We are interested in scholarship that crosses disciplinary lines and speaks to readers from a range of ...