LingTera
Vol 2, No 2: October 2015

SIKAP DAN PEMERTAHANAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA

Rizki Amalia Sholihah (Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo Jawa Timur)
Suharti Suharti (Pendidikan Bahasa Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap dan pemertahanan terhadap bahasa Indonesia pada siswa kelas X kelas internasional dan non-internasional di SMA Budi Mulia Dua. Sikap dan pemertahanan bahasa tersebut ditinjau dari tes menulis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan gabungan antata pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan kuesioner menunjukkan bahwa di kelas X GAC terdapat 9 siswa yang memiliki pemerta-hanan bahasa negatif dan kelas X Asia terdapat 2 siswa yang memiliki pemertahanan yang negatif. Berdasarkan hasil menulis, pada kelas GAC hanya terdapat 1 siswa yang memiliki pemertahanan negatif dan di kelas X Asia terdapat 2 siswa. Kata kunci: bahasa Indonesia, sikap bahasa, pemertahanan bahasa   LANGUAGE ATTITUDE AND MAINTENANCE ON INDONESIAN LANGUAGE CLASS X STUDENTS BUDI MULIA DUA INTERNATIONAL SENIOR HIGH SCHOOL YOGYAKARTA Abstract This study is aimed at understanding language attitude and language maintenance on Indone-sian language to Class X students of international class and non-international class at Budi Mulia Dua Senior High School. The language attitude and language maintenance were viewed from students’s writing test. The result of this research from questionnaire, X Asia there are 2 students who have negative language maintenance, and in Class X GAC, there are 9 students who have negative language maintenance. From writing performance in class X Asia there are 2 students who have negative language maintenance and in Class X GAC, there are 1 students. Key words: Indonesian language, language attitude, language maintenance

Copyrights © 2015