Composite: Jurnal Ilmu Pertanian
Vol 1 No 2 (2019): Juli

Manajemen pendidikan Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu pada petani peserta SL-PTT di Kabupaten Subang

Edeng Edeng (Universitas Bandung Raya)
Wisnu Wardhono (Universitas Bandung Raya)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas terjadinya kesenjangan dalam penerapan teknologi pertanian, pemerintah menerapkan sekolah lapangan pengelolaan tanaman terpadu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen sekolah lapangan bagi petani dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat keberhasilannya. Penelitian ini menggunakan metode kasus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan telah efektif sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan dalam menyelenggarakan sekolah telah terjadi perubahan prilaku petani/siswa terlihat pada penerapan teknologi usahatani padi sawah, perubahan kebiasaan bertani yang tradisional menjadi lebih maju ditambah lagi dengan timbulnya kesadaran pada keamanan bahan pangan yang dihasilkan. Jumlah anggota kelompok tani terus bertambah, petani sudah merasa penting pengetahuan bertani yang efektif dan efisien. Adapun yang menghambatnya waktu belajar berubah, kondisi peserta SL, Memiliki latar belakang pendidikan, umur, status sosial dan ekonomi serta budaya yang berbeda-beda yang mengakibatkan pada kecepatan dalam menerima materi sekolah menjadi berbeda pula.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

composite

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Veterinary

Description

Composite: Jurnal Ilmu Pertanian terbit setahun dua kali, yakni pada bulan Februari dan Agustus dengan hasil pengkajian dan tinjauan tentang ilmu-ilmu pertanian. Composite: Jurnal Ilmu Pertanian menerbitkan artikel ilmiah yang belum pernah dipublikasikan di jurnal ilmiah lain maupun tidak sedang ...