Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi penjumlahan dan pengurangan melalui soal cerita siswa kelas II SD Negeri Kembang Arum 02 Mranggen Demak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Waktu pelaksanaan penelitian pada bulan September 2023 , dengan subjek penelitian ini berasal dari guru kelas II dan siswa kelas II. Teknik penelitian data melibatkan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis pada materi penjumlahan dan pengurangan melalui soal cerita dengan indikator (1) Merumuskan Permasalahan ; (2) Menilai Keabsahan Sumber Informasi ; (3) Menginduksi dan Menilai hasil induksi ; (4) Mendefinisikan dan Menilai Hasil Definisi ; (5) Berinteraksi Dengan Orang Lain. Hal tersebut dapat dilihat dari kebiasaan siswa dalam kemampuan berpikir kritis pada materi penjumlahan dan pengurangan melalui soal cerita yang belum maksimal. Namun , Adapun factor penghambatnya adalah ada beberapa siswa yang belum lancar dan menulis angka dikehidupan sehari-hari. Terhambatnya proses dalam pembelajaran melalui soal cerita kepada siswa, ini membuat tujuan pembelajaran menjadi kurang efektif. Guru belum membuat modul ajar sendiri dengan kata lain masih mengandalkan modul ajar yang tersedia disekolah dengan keterbatasan waktu. Dilakukan tes kepada siswa yang terbagi menjadi 3 subjek yaitu dengan kemampuan berpikir kritis tinggi, kemampuan berpikir kritis sedang dan kemampuan berpikir kritis rendah. Kesimpulannya , kemampuan berpikir kritis pada materi penjumlahan dan pengurangan melalui soal cerita sangat baik digunakan maupun di kembangkan di sekolah . Dengan adanya kehadiran tenaga pendidik mampu untuk memberikan bimbingan,arahan, maupun motivasi kepada siswa agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan maksimal.
Copyrights © 2023