Indonesian Journal of Elementary School
Vol 3, No 1 (2023): Mei 2023

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN STANDAR PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KOLEGIAL TEKNIK KUNJUNGAN ANTAR KELAS DI SD NEGERI 2 KEDUNGLENGKONG BOYOLALI

Listyaningrum Andayani (Universitas PGRI Semarang)
Ikha Listyarini (Universitas PGRI Semarang)
Syahriar Ardanto (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
08 May 2023

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam mengimplementasikan standar proses pembelajaran melalui supervisi kolegial teknik kunjungan antar kelas di SD Negeri 2 Kedunglengkong Simo Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri 1 kali pertemuan, meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 8 guru SD Negeri 2 Kedunglengkong Simo Boyolali. Simpulan penelitian ini adalah supervisi kolegial teknik kunjungan antarkelas memiliki empat dampak positif. (1) meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan standar proses pembelajaran dan pembelajaran kooperatif kolaboratif, (2) meningkatkan kompetensi Guru dalam melaksanakan standar proses pembelajaran dan pembelajaran kooperatif kolaboratif, (3) meningkatkan kompetensi Guru dalam melaksanakan  pengerjaan admnistrasi guru, (4) meningkatkan kinerja  dan kualitas guru  yang ditandai dengan pernyataan termotivasi untuk menguasai pembelajaran kooperatif, mendorong dan membantu sesama anggota kelompok, mengerjakan RPP dan admnistrasi sekolah dengan lebih baik, peningkatkan rasa percaya diri, rasa tanggung jawab, lebih kreatif dalam proses pembelajaran, serta dapat memecahkan masalah dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat terlihat pada skor penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran meningkat 27.9% dari siklus I dengan rata-rata 3.4 menjadi 4.4 pada siklus II, adapun skor hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran meningkat 16.8% dari siklus I dengan rata-rata 3.7 menjadi 4.3 pada siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Education

Description

Fokus IJES pada bidang ilmu pendidikan secara umum, yang meliputi: Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Dasar, Media pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan olahraga di sekolah dasar, pendidikan bahasa di sekolah dasar, pendidikan ...