Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kinerja dalam melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan supervisi klinis secara periodik bagi guru kelas di SDN 1 Karangrejo Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini mengambil lokasi di SDN 1 Karangrejo Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan. Subjek penelitian adalah guru kelas 1; 2; 3; 4; 5; dan 6 di SDN 1 Karangrejo Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan sejumlah 6 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya selalu ada perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembimbingan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah mengalami peningkatan dari hanya 50% pada pra siklus meningkat menjadi 80% pada siklus I dan 95% pada siklus II.
Copyrights © 2022