Indonesian Journal of Elementary School
Vol 2, No 1 (2022): IJES Vol. 2 No. 1, Mei 2022

PENINGKATAN KINERJA DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN SUPERVISI KLINIS SECARA PERIODIK

Sri Hartini (SMP NEGERI 2 KRADENAN)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kinerja dalam melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan supervisi klinis secara periodik bagi guru kelas di SDN 1 Karangrejo Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini mengambil lokasi di SDN 1 Karangrejo Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan. Subjek penelitian adalah guru kelas 1; 2; 3; 4; 5; dan 6 di SDN 1 Karangrejo Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan sejumlah 6 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya selalu ada perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembimbingan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah mengalami peningkatan dari hanya 50% pada pra siklus meningkat menjadi 80% pada siklus I dan 95% pada siklus II.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Education

Description

Fokus IJES pada bidang ilmu pendidikan secara umum, yang meliputi: Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Dasar, Media pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan olahraga di sekolah dasar, pendidikan bahasa di sekolah dasar, pendidikan ...