Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif pembelajaran tematik kelas II SD Negeri Padasari 01 hanya sebesar 39,48%  atau 15 dari 38 peserta didik yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal tersebut disebabkan karena kurangnya variasi dalam penggunaan model dan media pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema 1 Hidup Rukun melalui model Problem Based Learning berbantu media Audio Visual di kelas II Semester I SD Negeri Padasari 01 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas II SD Negeri Padasari 01 Kabupaten Tegal berjumlah 38 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantu media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu minimal 75%. Pada siklus I persentase ketuntasan peserta didik yaitu 39,48%. Siklus II mengalami peningkatan yaitu 52,63%, dan siklus III yaitu 94,73%. Disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantu media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Tema 1 Hidup Rukun di kelas II semester I SD Negeri Padasari 01 Kabupaten Tegal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022