Digital Business Journal (DIGIBIS)
Vol 2, No 1 (2023): Digital Business Journal

MENGUJI NIAT KONSUMEN BERBELANJA MELALUI TIKTOK MIDNIGHT LIVE: BAGAIMANA PERAN TRUST?

Zahra Fahriza (Universitas Negeri Jakarta)
Usep Suhud (Universitas Negeri Jakarta)
Shandy Aditya (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli pada produk fashion melalui TikTok midgnight live. Adapun enam variabel yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya purchase intention, trust, background visual complecity, electronic word of mouth, dan interaction. Penelitian ini dilakukan di daerah Jakarta. Metode penelitian kuantitatif menggunakan skala likert sebagai pengukuran dengan populasi generasi Z yang memiliki akun TikTok dan pernah menonton TikTok midnight live. Teknik pengambilan sampel adalah convenience sampling sebanyak 237 responden yang diperoleh. Teknik analisis penelitian dengan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian membuktikan bahwa background visual complexity, trust dan interaction berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap purchase intention, e-wom dan interaction juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap trust.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

digibis

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Digital Business Journal (DIGIBIS) at University Of Muhammadiyah Tangerang is published by the Faculty of Economics and Business at University Of Muhammadiyah Tangerang. Digital Business Journal (DIGIBIS) first appeared in June 2022. Digital Business Journal (DIGIBIS) is a national scientific ...