Indonesian Journal of Elementary School
Vol 3, No 1 (2023): Mei 2023

KEEFEKTIFAN MODEL TALKING STICK BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 03 TUNGGAK KABUPATEN GROBOGAN

Fera Ariliyana (Universitas PGRI Semarang)
Sunan Baedowi (Universitas PGRI Semarang)
Suyitno Suyitno (suyitno@upgris.ac.id)



Article Info

Publish Date
08 May 2023

Abstract

Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Talking Stick berbantu video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Tunggak Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain Pre-Experimental Design dalam bentuk tipe one-Group Prestest – Posttest Design. Hasil penelitian setelah mendapat perlakuan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil nilai pretest (tes awal) dan posttest (tes akhir). Hasil nilai rata-rata tes awal 51,8 dan hasil nilai rata-rata tes akhir 79,8. Hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan hasil analisis uji t yaitu thitung sebesar 8,7103 dan ttabel sebesar 2,064 dengan taraf 5% sehingga nilai thitung> ttabel yaitu 8,7103 > 2,064 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Talking Stick berbantu video pembelajaran efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Tunggak Kabupaten Grobogan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Education

Description

Fokus IJES pada bidang ilmu pendidikan secara umum, yang meliputi: Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Dasar, Media pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan olahraga di sekolah dasar, pendidikan bahasa di sekolah dasar, pendidikan ...