Indonesian Journal of Elementary School
Vol 2, No 2 (2022): IJES Vol. 2 No. 2, November 2022

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 02 PAIT

Ida Hikmalia (Indonesia)
Sukamto Sukamto (Unknown)
Murniati Murniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Pada Peserta didik Kelas III SD Negeri 02 Pait Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Flash Card. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 02 Pait Kabupaten Pekalongan. Waktu penelitian ini dimulai pada bulan Agustus sampai September 2022 dari tahap prasurvei hingga dilaksanakan tindakan. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini, memilih model yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Kriteria ketuntasan minimal kelas ini 68, hasil belajar dianalisis secara kualitatif. Instrumen menggunakan tes. Hasil penelitian dengan merapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media Flash Card, dapat diambil kesimpulan bahwa Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik di setiap siklus, siklus I rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 71,60 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 53%. Siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat dari siklus I yakni mencapai 75,33 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 67%. Siklus III diperoleh rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dari siklus I dan siklus II yaitu sebesar 81,27 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 100%. sehingga   dapat   disimpulkan   bahwa penggunaakan model pembelajaran Problem Based Learningdengan media Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Education

Description

Fokus IJES pada bidang ilmu pendidikan secara umum, yang meliputi: Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Dasar, Media pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan olahraga di sekolah dasar, pendidikan bahasa di sekolah dasar, pendidikan ...