Pendidikan karakter merupakan unsur penting dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan peserta didik menjadi individu yang berintegritas, bertanggung jawab, dan memiliki nilai moral yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan di SD Kanisius Wonogiri (SD). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen terkait kegiatan kedisiplinan di SD Kanisius Wonogiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah ini telah mengambil langkah-langkah khusus dalam melaksanakan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan. SD Kanisius Wonogiri banyak menerapkan program dan kebijakan untuk membentuk kepribadian siswa seperti kebiasaan berjabat tangan dengan guru dan teman, kebiasaan mengantri masuk kelas, serta upacara dan ritual pagi. Guru dan staf sekolah berperan aktif dalam memastikan siswa memahami nilai-nilai seperti integritas, tanggung jawab, kerjasama dan menghormati orang lain. Kata kunci: pendidikan karakter, kedisiplinan.
Copyrights © 2022