Jurnal Bahusacca
Vol. 3 No. 2 (2022): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan

Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Di Lingkungan SD Kanisius Wonogiri

Meliana, Meliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Pendidikan karakter merupakan unsur penting dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan peserta didik menjadi individu yang berintegritas, bertanggung jawab, dan memiliki nilai moral yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan di SD Kanisius Wonogiri (SD). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen terkait kegiatan kedisiplinan di SD Kanisius Wonogiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah ini telah mengambil langkah-langkah khusus dalam melaksanakan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan. SD Kanisius Wonogiri banyak menerapkan program dan kebijakan untuk membentuk kepribadian siswa seperti kebiasaan berjabat tangan dengan guru dan teman, kebiasaan mengantri masuk kelas, serta upacara dan ritual pagi. Guru dan staf sekolah berperan aktif dalam memastikan siswa memahami nilai-nilai seperti integritas, tanggung jawab, kerjasama dan menghormati orang lain. Kata kunci: pendidikan karakter, kedisiplinan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BAHUSACCA

Publisher

Subject

Education Other

Description

BAHUSACCA adalah jurnal yang dikelola oleh prodi PGSD, memiliki ruang lingkup pendidikan dasar dan manajemen pendidikan yang merupakan hasil penelitian maupun kajian ilmiah peneliti/dosen/praktisi di lingkup Ilmu pendidikan dasar dan manajemen ...