Jurnal Bahusacca
Vol. 3 No. 2 (2022): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan

Penerapan Pembelajaran Tematik Kelas Rendah SD Negeri 7 Wonogiri

Maryati, Maryati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk penerapan pembelajaran tematik kelas rendah serta upaya guru dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran tematik di SDN 7 Wonogiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 7 Wonogiri. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga guru kelas rendah di SDN 7 Wnogiri. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan analisis dokumen. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data hasil wawancara dengan perangkat pembelajaran tematik. Setelah itu dilanjutkan dengan mengadakan reduksi data ke dalam tabel dan verifikasi untuk mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan pembelajaran tematik Kendala yang dialami oleh guru saat membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yakni guru kesulitan dalam memadukan mata pelajaran kompetensi dasar yang tidak berkaitan dengan kompetensi dasar lain. Upaya guru dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah guru tetap menerapkan pembelajaran tematik kepada peserta didik walaupun mata pelajarannya masih terlihat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BAHUSACCA

Publisher

Subject

Education Other

Description

BAHUSACCA adalah jurnal yang dikelola oleh prodi PGSD, memiliki ruang lingkup pendidikan dasar dan manajemen pendidikan yang merupakan hasil penelitian maupun kajian ilmiah peneliti/dosen/praktisi di lingkup Ilmu pendidikan dasar dan manajemen ...