Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 1 (2024): DIDAKTIKA Februari 2024

Proses Penanaman Nilai-Nilai Moral Kristiani Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Asrama Putri St. Anna Gunungsitoli dan Asrama Putri Bintang Laut Teluk Dalam

Dominikus Doni Ola (STP Dian Mandala Gunungsitoli-Keuskupan Sibolga)
Megawati Naibaho (STP Dian Mandala Gunungsitoli-Keuskupan Sibolga)
Blasius Superma Yesse (STP Dian Mandala Gunungsitoli-Keuskupan Sibolga)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu strategi untuk menanamkan nilai-nilai moral di Asrama Putri St. Anna Gunungsitoli dan Asrama Putri Starfish Teluk Dalam. Proses penanaman nilai-nilai moral Kristen sangat mendasar bagi pengembangan karakter generasi muda, khususnya bagi siswi asrama. Penelitian ini merupakan strategi untuk merenungkan fenomena kenakalan remaja yang mengancam masa depan mereka sebagai pewaris warisan bangsa. Kenakalan remaja merupakan indikasi kurangnya pemahaman dan penghargaan terhadap nilai-nilai moral. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretatif-hermeneutik. Peneliti membatasi variabel penelitian pada Asrama Putri St. Anna Gunungsitoli dan Asrama Putri Starfish Teluk Dalam. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan studi dokumen yang relevan. Tujuan jangka panjangnya adalah menciptakan generasi muda yang beriman dan memiliki nilai-nilai moral Kristen. Sasaran khusus dari penelitian ini adalah menemukan model pengembangan karakter berdasarkan pendekatan personal dan komunal sesuai dengan ajaran Kristen. Peneliti meyakini bahwa kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu program terintegrasi, terencana, dan komprehensif sebagai strategi khusus untuk membina iman dan karakter generasi muda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...