Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 1 (2024): DIDAKTIKA Februari 2024

Pengaruh Literasi Digital dan Modal Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Vokasi

Heri Setiawan (Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak literasi digital dan modal sosial terhadap prestasi akademis siswa. Literasi digital dalam penelitian ini menggunakan indikator kompetensi yang dikembangkan oleh DigiCom 2.0. Sementara itu, modal sosial diukur dalam dimensi struktural, fungsional, dan kognitif (Chua, 2002). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Pengumpulan data melibatkan survei dengan skala Likert dan data sekunder. Populasi yang diteliti terdiri dari siswa Sekolah Menengah Kejuruan Analis Kimia di Bogor (SMK-SMAK Bogor). Sampel sebanyak 146 responden siswa dari SMK-SMAK Bogor dipilih menggunakan metode simple random sampling. Temuan menunjukkan bahwa literasi digital dan modal sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademis siswa di SMK-SMAK Bogor.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...