Membaca merupakan komponen dasar dalam kemampuan berbahasa, terutama pada Bahasa Indonesia yang menjadi kultur percakapan yang digunakan oleh penduduk. Oleh sebab itu kemampuan membaca permulaan merupakan suatu hal yang harus dicapai terlebih dahulu agar dapat menguasai kemampuan-kemampuan lainnya dalam berbahasa. Tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media kartu kata terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SDIT Bustanul Ulum Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (Quasi-Eksperiment). Data dikumpulkan melalui tes membaca. Reliabilitas instrumen diuji dengan metode split-half, sedangkan validitasnya berdasarkan validitas isi. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca siswa kelas satu sekolah dasar. Untuk itu disarankan agar guru menggunakan media kartu dalam pengajaran membaca permulaan di kelas satu sekolah dasar.
Copyrights © 2024