Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 1 (2024): DIDAKTIKA Februari 2024

Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Nabilla Utami (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Islam Riau)
Zaka Hadikusuma Ramadan (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah agar mendeskripsikan kesulitan guru didalam membuat perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pada pembelajaraan tematik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif bersifat study kasus, dalam penelitian ini hasil penelitian diuraikan didalam bentuk kata-kata dimana dihasilkan dari data valid sebab datanya tidak bisa diselesaikan dengan perhitungan statistik. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dijalankan melalui observasi , wawancara serta dokumentasi. Instrumen penelitian dipakai yakni lembar pedoman observasi, lembar wawancara serta lembar telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan jika kesulitan dialami guru terdiri dari beberapa tahap yaitu : tahap persiapan pembelajaran, yang meliputi didalam penyusunan RPP yang berkaitan dengan keterpaduan materi dan model pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran memakai kurikulum 2013 ini kesulitan yang dihadapi yakni mengenai penggunaan teknik, bahan, dan taktik pengajaran tradisional; kelangkaan infrastruktur dan fasilitas di sekolah; rendahnya kemampuan instruktur dengan bahan ajar; dan tidak adanya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Tantangan sepanjang fase evaluasi pembelajaran, terutama dalam evaluasi asli.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...