Tujuan dari penelitian ini adalah agar mendeskripsikan kesulitan guru didalam membuat perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pada pembelajaraan tematik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif bersifat study kasus, dalam penelitian ini hasil penelitian diuraikan didalam bentuk kata-kata dimana dihasilkan dari data valid sebab datanya tidak bisa diselesaikan dengan perhitungan statistik. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dijalankan melalui observasi , wawancara serta dokumentasi. Instrumen penelitian dipakai yakni lembar pedoman observasi, lembar wawancara serta lembar telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan jika kesulitan dialami guru terdiri dari beberapa tahap yaitu : tahap persiapan pembelajaran, yang meliputi didalam penyusunan RPP yang berkaitan dengan keterpaduan materi dan model pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran memakai kurikulum 2013 ini kesulitan yang dihadapi yakni mengenai penggunaan teknik, bahan, dan taktik pengajaran tradisional; kelangkaan infrastruktur dan fasilitas di sekolah; rendahnya kemampuan instruktur dengan bahan ajar; dan tidak adanya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Tantangan sepanjang fase evaluasi pembelajaran, terutama dalam evaluasi asli.
Copyrights © 2024