Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 11 No. 4 (2022): DIDAKTIKA November 2022

Pengembangan Media Papancatat dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Level Pemula Indonesia

Rustan S (IAIN Palopo)
Abd. Rahman (IAIN Palopo)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Papancatat sebagai alat bantu pembelajaran bagi mahasiswa bahasa Inggris tingkat pemula di IAIN Palopo. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa menghadapi kesulitan dalam menguasai bahasa Inggris akibat minimnya minat belajar dan strategi pembelajaran konvensional yang diterapkan oleh dosen. Media Papancatat dikembangkan sebagai solusi untuk memotivasi mahasiswa dan membantu dosen dalam proses pembelajaran. Evaluasi ahli media, ahli materi, dan pengguna menunjukkan bahwa Media Papancatat dinilai positif dan layak digunakan, meskipun perlu beberapa revisi kecil. Rekomendasi penelitian adalah untuk melanjutkan tahap evaluasi guna memastikan kesempurnaan dan efektivitas Media Papancatat yang dikembangkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...