ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education
Vol. 1 No. 1 (2023): JURNAL ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education

KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR IPA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V SDN 1 BANDA SAKTI LHOKSEUMAWE

Inda Isna (SDN 1 Banda Sakti Lhokseumawe)
Susianova Susianova (SDN 1 BANDA SAKTI LHOKSEUMAWE)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi guru dalam mengajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui metode kooperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN1Banda Sakti Lhokseumawe. Metode Penulisan yang digunakan adalah Quasi-Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel Penulisan terdiri dari dua kelas V di SDN 1Banda Sakti Lhokseumawe, masing-masing terdiri dari 30 siswa. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan metode kooperatif tipe Picture and Picture sedangkan kelas kontrol diajarkan menggunakan metode ceramah biasa.Hasil Penulisan menunjukkan bahwa komunikasi guru dalam mengajar IPA dengan metode kooperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen (84,33) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (75,33). Selain itu, ditemukan perbedaan signifikan antara rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.Dalam pelaksanaannya, guru harus mampu berkomunikasi dengan baik dalam memberikan instruksi dan menjelaskan materi dengan jelas sehingga siswa dapat memahami dengan baik. Metode kooperatif tipe Picture and Picture dapat memperkuat komunikasi antara guru dan siswa karena melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam kelompok belajar. Hal ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 1 Banda Sakti Lhokseumawe.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ABANNA

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education is publishes scholarly research on Contemporary Islamic educational institutions and Islamic education. The articles of this journal are published bi-annually: June and December. ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education is the leading ...