ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education
Vol. 1 No. 1 (2023): JURNAL ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education

UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKAAN KOLABORATIF DI SMA NEGERI 1 BAKTIYA TAHUN 2023

Marzuki Hasan (SMA Negeri 1 Baktiya)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keretampilan dasar mengajar guru melalui penerapan supervisi klinis dengan pendekaan kolaboratif di SMA Negeri 1 Baktiya tahun 2023. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di SMA Negeri 1 Baktiya. Penelitian ini akan dilaksanakan selama tiga bulan pada semester genap di tahun 2023, yaitu mulai bulan Januari sampai dengan bulan Maret tahun 2023. Subjek penelitian ini adalah guru-guru di SMA Negeri 1 Baktiya yang diambil sebanyak 9 orang guru. Prosedur pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan angket. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I keterampilan dasar mengajar gurumasih memiliki kekurangan. Nilai rata-rata keseluruhan yang diperoleh adalah sebesar 79,86%. Kemudian sebanyak 4 orang guru masih mendapat kriteria cukup dan 5 orang guru mendapat kriteria baik. Sedangkan pada siklus II keterampilan dasar mengajar guru telah mengalami peningkatan. Nilai rata-rata keseluruhan yang diperoleh adalah sebesar 92,01%. Mengalami peningkatan sebesar 10,42% dari siklus I. Kemudian sebanyak 5 orang guru telah mendapat kriteria sangat baik dan sebanyak 3 orang guru mendapat kriteria baik. Nilai rata-rata keseluruhan yang diperoleh adalah sebesar 92,01%. Mengalami peningkatan sebesar 16,43% dari siklus I. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru di SMA Negeri 1 Baktiya tahun 2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ABANNA

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education is publishes scholarly research on Contemporary Islamic educational institutions and Islamic education. The articles of this journal are published bi-annually: June and December. ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education is the leading ...