ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education
Vol. 1 No. 1 (2023): JURNAL ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education

PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWAKELAS XI. MIA-1 MATERI SISTEMPENCERNAAN MANUSIA PADA SMA NEGERI 1 BAKTIYA

Yusnidar Yusnidar (SMA Negeri 1 Baktiya)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Keberhasilan proses belajar mengajar di dalam kelas sangat ditentukan oleh strategi pembelajaran, bagaimanapun lengkap dan jelasnya komponen lain, tanpa diimplementasikan melalui strategi yang tepat, maka komponen-komponen tersebut tidak akan memiliki makna dalam proses pencapaian tujuan. Oleh karena itu setiap akan mengajar guru diharuskan untuk menerapkan strategi atau metode tertentu dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Biologi dengan diterapkannya model pembelajaran Role Playing pada materi sistem pencernaan manusia? (b) Bagaimanakah pengaruh Model Role Playing terhadap motivasi belajar siswa? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran Model Role Playing, (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Role Playing. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI.MIA-1 SMA Negeri 1Baktiya Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (63,63%), Siklus II (81,81%), dan Siklus III (95,45%). simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Role Playing dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa Kelas XI. MIA-1 SMA Negeri 1Baktiya, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Biologi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ABANNA

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education is publishes scholarly research on Contemporary Islamic educational institutions and Islamic education. The articles of this journal are published bi-annually: June and December. ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education is the leading ...