Cocos Bio
Vol 4, No 1 (2019): Cocos Bio

PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ratna Ratna (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui penerapan strategi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MA Al Ilham NW Selusuh Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bentuk eksperimen dengan quasi eksperimen design tipe post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al Ilham NW Selusuh, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 orang siswa, dan kelas XB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik simple random sampling, yaitu secara acak. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa soal pilihan ganda, dan tekhnik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji-t. Nilai rata-rata dari hasil tes belajar kognitif yang diperoleh dari kelas eksperimen (𝑥 = 79) dan kelas kontrol (𝑥 = 67,3). Hasil uji normalitas data kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan kategori berdistribusi normal, untuk kelas eksperimen nilai X2hitung (1,981) X2tabel (11,070), dan pada kelas kontrol nilai X2hitung (1,791) X2tabel (11,070). Sedangkan untuk uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan kedua kelompok berkategori homogen yang dilihat dari nilai Fhitung (1,35) Ftabel (1,95). Untuk uji hipotesis diperoleh thitung (3,13) ttabel (2,01). Dengan demikian ada pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui penerapan strategi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MA Al Ilham NW Selusuh Tahun Pelajaran 2018/2019. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

cob

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Dentistry Education

Description

Kurikulum biologi pada berbagai jenjang pendidikan; Biologi murni dan implementasinya dalam pembelajaran; Pembelajaran biologi dengan model inovatif pada berbagai jenjang pendidikan; Penelitian eksperimen, penelitian tindakan kelas, dan penelitian pengembangan dalam pembelajaran biologi; Hasil ...