Cocos Bio
Vol 3, No 2 (2018): Cocos Bio

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE TEAM GAME TOURNAMEN (TGT) PADA MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS VIII SMPN 2 WANASABA

Bella Bella (Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan ( MIPA) Ilmu Pengetahuan Alam)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2018

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan tipe Team Game Tournamen Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi pokok pertumbuhan dan perkembangan Kelas VIII SMPN 2 Wanasaba Tahun Pembelajaran 2013/2014.Hasil analisis data, untuk kelompok eksperimen diperoleh skor tertinggi 95 dan terendah 50. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMPN 2 Wanasaba termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan untuk kelompok kontrol diperoleh skor tertinggi 85 dan terendah 40 termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan dari hasil analisis data tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dengan Tipe Team Game Tournamen Terhadap Prestasi Belajar Siswa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan tipe Team Game Tournamen terdahap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan kelas VIII SMPN 2 Wanasaba.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

cob

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Dentistry Education

Description

Kurikulum biologi pada berbagai jenjang pendidikan; Biologi murni dan implementasinya dalam pembelajaran; Pembelajaran biologi dengan model inovatif pada berbagai jenjang pendidikan; Penelitian eksperimen, penelitian tindakan kelas, dan penelitian pengembangan dalam pembelajaran biologi; Hasil ...