Cocos Bio
Vol 2, No 2 (2017): Cocos Bio

PENGARUH METODE INQUIRY TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI EKOSISTEM KELAS VII MTS NW KABAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

atmi nopita atmi (stkip hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inquiry terbimbing terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA materi ekosistem kelas VII MTs NW Kabar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs NW Kabar Tahun Pelajaran 2014/2015, yaitu tiga kelas. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik simple random sampling dan diambil sebanyak dua kelas. Kelas VIIA sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen dengan metode inquiry terbimbing dan kelas VIIB sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar dengan metode tes. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Untuk uji normalitas menggunakan chi-kuadrat dan untuk uji homogenitas menggunakan uji F. Adapun uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t yaitu Polled varians dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil perhitungan untuk uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal karena χ2hitung ≤ χ 2tabel, yaitu untuk kelas eksperimen 8.98 ≤ 11.07 dan untuk kelas kontrol 7.11 ≤ 11.07. Adapun untuk uji homogenitas dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen karena Fhitung Ftabel yaitu 1.38 1.99. Dari hasil analisis pada uji hipotesis didapatkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena harga -thitung ≤ -t1/2α atau thitung ≥ t1/2α, yaitu 5,11 ≥ 2,0126. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh metode inquiry terbimbing terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA materi ekosistem kelas VII MTs NW Kabar Tahun Pelajaran 2014/2015

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

cob

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Dentistry Education

Description

Kurikulum biologi pada berbagai jenjang pendidikan; Biologi murni dan implementasinya dalam pembelajaran; Pembelajaran biologi dengan model inovatif pada berbagai jenjang pendidikan; Penelitian eksperimen, penelitian tindakan kelas, dan penelitian pengembangan dalam pembelajaran biologi; Hasil ...